Diposkan pada puisi

Memaafkan dan Mengikhlaskan

Untukmu yang entah menitipkan rindumu pada siapa.

Jika kau titipkan untukku yang biasa saja ini, maka aku menulis ini.

Atau semuanya benar-benar hanya imaji sendiri.

Aku juga tidak tahu apakah kau sering mengunjungi halaman di mana aku tata kenangan-kenangan dalam bentuk maya  atau tidak pernah.

Jika ya,  kau akan menemukanku mengabadikan kenangan dengan seorang Tuan Penjual Ginjal.

Usah tahu dia siapa.

Yang pasti, dahulu, aku pernah menitipkan renjana padanya.

Tanpa pernah menuntut balas.

Sepanjang kukenakan putih-kelabu.

Bahkan sampai detik terakhir, ketika aku sadar bahwa renjana yang kutitipkan tiap dingin fajar menyapanya, terik siang menemaninya, lembayung senja membasuh peluhnya, ia tak pernah membalasnya barang secuil pun.

Tapi, bukan kah memang seharusnya begitu?

 

 

Sepotong kenangan yang kuunggah itu memiliki banyak arti.

Mengingatkanku akan banyak kenangan di SMA.

Karena separuh kenangan SMA adalah tentangnya, usah kau benci.

Meskipun kini sudah belajar dan membuka mata bahwa di luar sana masih banyak yang lebih dari Tuan Penjual Ginjal , kenangan tetaplah kenangan.

 

 

Aku sudah berjanji untuk tidak melupakannya.

Aku hanya akan mencari pengganti.

Semoga itu kau.

Mungkin kau akan bertanya, “Mengapa tidak dihapus saja?”

Ah, aku bukan orang seperti itu.

Aku hanya sedang belajar memaafkan dan mengikhlaskan.

Memaafkan dia, bahkan perasaan sendiri.

Mengikhlaskan yang seharusnya pergi.

Jadi, untukmu.

Jika rindu yang datang tiap hujan dan malam menyelimuti  itu milikmu, tenang saja.

Usah kau bertanya rinduku untuk siapa.

 

vinsafalah, Oktober 2016.

Tinggalkan Balasan

