Diposkan pada book review

Book Review in 2016 #2

25 Books to Read in 2016

Done reading : 2 books

The Old Man And The Sea

Penulis: Ernest Hemingway

Penerbit : Penerbit Liris

image

Buku ini menceritakan tentang seorang lelaki tua bernama Santiago yang pergi ke laut seorang diri dalam perahunya di Arus Teluk dan telah berlayar selama delapan puluh empat hati tanpa membawa hasil tangkapan seekorpun. Pada empat puluh hari pertama, Santiago ditemani seorang nelayan muda yang sudah dia anggap sebagai anaknya sendiri, Manolin. Akan tetapi, setelah empat puluh hari tidak mendatangkan hasil, Manolin disuruh pindah ke perahu lain yang menangkap tiga ikan besar dalam minggu pertama.

Meskipun begitu, Manolin tetap ingin menemani lelaki tua itu untuk pergi ke laut. Tapi Santiago tetap menolaknya. Hingga suatu dini hari, Manolin harus melihat Santiago pergi ke tengah laut sendirian dengan kapalnya untuk mencari seekor ikan besar.

Setelah melewati beberapa kali matahari terbit, Santiago berhasil mengaitkan pancingannya pada seekor ikan besar yang terus menyeret perahunya jauh. Jauh sekali sampai pantai hanya sebuah garis. Ketika membaca, pertanyaan yang selalu muncul adalah, “Dapatkah Santiago membawa pulang ikan besar tersebut?”

Buku ini membuat saya banyak belajar soal keberuntungan, kerja keras, tekad yang kuat, dan kesederhanaan. Dan membuat saya menangis pada bagian akhirnya. Ketika kalian membaca buku ini, mungkin, apa yang akan kalian dapatkan akan berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s