Diposkan pada Uncategorized

SMPN 1 BALEENDAH

SMP Negeri 1 Baleendah Dalam Lintasan Sejarah

SMP Negeri 1 Baleendah Kelas Jauh SMPN 11 Bandung

Pada awalnya SMP Negeri 1 Baleendah pernah berlokasi di gedung yang kini menjadi SMP/SMK STMC di Jalan Adikusumah Baleendah. SMPN 1 Baleendah berdiri pada 17 Juli 1979. Merupakan rintisan/kelas jauh dari SMPN 11 Bandung. Kepala sekolah pada waktu itu adalah Bpk. Engkos Kosasih BA, Kepala SMPN 11 Bandung waktu itu. Sedangkan wakilnya adalah bpk. Drs. Iwa Setia Permana yang menjadi kepala pelaksana harian. Para murid pada waktu itu mengenal Pak Iwa adalah kepala sekolahnya.

Penerimaan siswa baru dilaksanakn di Gedung Diknas Kab. Bandung di Jl. Wiranatakusumah. Guru yang mengajar pada masa-masa itu hanya 8 orang, mereka mengajar 6 kelas banyaknya. Jumlah siswa baru 270 siswa (kelas A – F). Terkadang seorang guru harus mengajar dua mata pelajaran. Para pelopor itu adalah Drs. Iwa Setia Permana, Unung Wihanda BA, Drs. Andi Amang, Kiki Maskiah, Dra. Nani Sumarni, Tin Surtini BA, Usman Darusman, Hasan ANdaya, Hapid Rahmat, dan Emah. Kemudian pada tahun 1980 kepala sekolah dipegang oleh bpk. Dodo Husen BA. Jumlah guru juga semakin bertambah dengan masuknya Drs. Udin Djauhari, Iso Sukiman dan Tasripin.

Gedung Baru

Tahun 1982, SMPN 1 Baleendah mulai memiliki gedung baru dengan luas lahan 5600 meter persegi yang sampai saat ini masih ditempati. Tahap pertama hanya SMPN 1 Baleendah hanya memiliki 6 ruangan. Gedung baru baru bisa dipergunakan oleh siswa kelas 3, sementara siswa kelas 1 dan 2 masih belajar di STMC. Kemudian berangsur semua kelas pindah ke lokasi baru di Jalan Adipati Agung No. 29 Baleendah.

Walau Kecamatan Baleendah batal menjadi ibu kota kabupaten, SMP Negeri 1 Baleendah setahap demi setahap berhasil membangun dirinya menjadi salah satu sekolah berprestasi dan unggul di Kab. Bandung dan kompetitif di bidang akademik amupun non-akademik di tingkat Bandung Raya maupun Jawa Barat.

Adik Baru

Pada tahun 1983, SMPN 1 Baleendah membuka kelas jauh yaitu SMPN 3 Ciparay (kini menjadi SMPN 2 Baleendah) sebanyak 3 kelas. Angkatan pertama SMPN 3 Ciparay ini belajar selama tiga tahun lamanya bersama-sama siswa SMP Negeri 1 Baleendah, kemudia berangsur-angsur pindah ke gedung mereka yang baru di dekat Kompi C Batalyon 330. Seiring waktu dengan terjadi pemekaran kecamatan, SMPN 1 Baleendah dan SMPN 3 Ciparay masuk ke wilayah Kecamatan Baleendah.

Demikian sejarah singkat SMP Negeri 1 Baleendah. Seperti tertuang di Buletin Tapak (ALumni SMPN 1 Baleendah), Edisi 1 September 2010.

sumber : http://xljagoanmuda.com/articles/sekolah-seru/liputan-khusus/2011/10/09/sejarah-smpn-1-baleendah

Hingga saat ini, pembangunan gedung, sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Baleendah terus berlanjut. Buktinya, mushala Miftahul Ulum SMP Negeri 1 Baleendah sedang dalam masa perbaikan, meningkatkannya menjadi dua lantai dan memisahkan antara tempat wudhu kaum akhwat dan kaum ikhwan.

Selain itu, baru-baru ini ring basket sekolah telah diganti menjadi lebih baik dari sebelumnya yang sudah rusak. Dan toilet-toilet telah diperbaiki.

-Vini Salma Fadhilah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s